Selasa, 20 Juni 2017

Lampu Sen Kedip Cepat ala Bis Malam? Cekidot

Berawal dari iseng punya iseng ngusili Honda Revo saya supaya mirip sama Bis Malam, jadinya saya oprek lampu sein-nya.

Kisanak barangkali sudah sering lihat di jalan, atau di Youtube, ada bis-bis malam yang lampu sen nya berkedip cepat-secepat bis tersebut selap-selip di keheningan malam demi mengejar waktu tiba di tujuan. Nah, saya juga pingin lampu sen motor saya berkedip cepat juga seperti bis malam. Dan seperti biasa, sebelum bongkar-bongkar bodi motor, saya mencari wangsit dulu di padepokan Google.
Wangsit yang saya dapatkan dari padepokan Google ada bermacam-macam, tapi supaya artikel ini nggak terlalu panjang, langsung saja saya sajikan jurus-jurus mempercepat kedipan lampu sen tersebut. Langkah-langkah dibawah ini hanya berlaku untuk flasher mekanis, bukan untuk flasher tipe elektronik.
Alat yang diperlukan:
1. Solder dan timah
2. Kemampuan dasar elektronika dan penyolderan komonen
3. Kapasitor bi-polar 560uF (mikro Farad)/12 V atau lebih.
4. Obeng min
Langkah kerja:
1. Cari lokasi dimana flasher berada di dalam bodi motor. Untuk flasher mekanis saat sen dinyalakan ada bunyi “tik-tak” di flashernya. Umumnya flasher diletakkan di bodi depan, di bawah speedometer.
2. Buka bodi depan motor, dan cabut flashernya. Binatangnya biasanya berbentuk kotak hitam kecil berkaki dua atau tiga, dan ada tulisan “FLASHER.”
3. Buka casing flasher dengan obeng min. Bukanya gampang deh, nggak perlu saya tulis disini ya.
4. Setelah casing terbuka, akan terlihat bagian dalam flasher seperti dibawah:
5. Di dalam flasher hanya ada empat komponen: 1. Kumparan kawat yang berfungsi sebagai magnet penarik pelatuk saklar yang menuju lampu sen bila dialiri arus DC, 2. Pelatuk, 3. Resistor, 4. Kapasitor.
6. Lepaskan kapasitor dengan cara memanaskan timah yang menyambungkan kapasitor dengan komponen lainnya. Bisa juga dengan memotong kaki kapasitor tersebut, dan nantinya sisa kaki kapasitor yang menempel di flasher akan disambungkan dengan kapasitor pengganti.
7. Pasang kapasitor pengganti pada dudukan kapasitor lama. PERHATIKAN POLARITAS KAPASITORNYA!
8. Selesai. Masukkan kembali flasher pada casingnya, dan tes di motor.
Sedikit ulasan cara kerja flasher:
Cara kerja flasher sebenarnya cukup sederhana. Rangkaian flasher dipasangkan secara seri antara baterai dan sirkuit saklar-lampu sen. Bila flasher dialiri arus DC, kumparan akan menjadi magnet yang akan menarik-dan memutuskan pelatuk saklar. Periode ON dan OFF pelatuk ditentukan oleh kapasitor yang digunakan.
Pada Yamaha Soul GT, kapasitor standar pada flasher adalah 2200 uF/12 V. Bila nilai kapasitor dikecilkan (Pada artikel ini kapasitor diganti dengan 560 uF/25V), maka frekuensi pelatuk ditarik oleh magnet dari kumparan akan menjadi lebih cepat, dan pada akhirnya akan mengedipkan lampu sen. Silakan ber-eksperimen dengan mengubah nilai kapasitor sesuai dengan selera kisanak.
Dari artikel ini, saya juga mendapatkan pemahaman baru, bahwa bila ada tanda-tanda flasher rusak, lampu sen akan menyala terus dan tidak berkedip, sebenarnya ini bisa diperbaiki dengan mengganti kapasitornya saja, karena kapasitor elektrolit punya batas usia pakai, dan elektrolit dalam kapasitor akan mengering bila sudah sampai batas umurnya. Pada akhirnya kapasitor akan mati dan berada dalam keadaan SHORT-alias kumparan flasher jadi ON terus nggak bisa ngedip.
Terima Kasih,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar